Senin, 07 Maret 2011

11 Mobil Indonesia Yang Luar Biasa

1. Maleo
haxims.blogspot.com
dibidanioleh menristek BJ Habibie tahun 1996 dengan harga patokan ditargettidak lebih dari 30 Juta agar terjangkau masyarakat, Habibie punmemutar otak untuk merancangnya mulai dari mesin yang berkapasitas 1300cc, komponen lokal diatas 80%. Dan untuk mematangkan rencana tersebutdia menggandeng pabrikan mobil dari Australia untuk melakukan risetdengan satu unit mobil sebagai contoh telah dihasilkan. Namun sayangdana untuk itu kemudian tersedot oleh proyek mobnas Timor milik Tommyanak bungsu presiden Suharto, sehingga proyek mobnas Maleo punterhenti.

2. Timor S2
haxims.blogspot.com
Meskipunpada awalnya mengambil utuh KIA Sephia sebagai produk awalnya namunTimor telah menyiapkan sendiri rancangan Mobnas generasi keduanya yangdirancang oleh rumah desain Zagato Italia, namun terhenti jugalangkahnya akibat Krisis Moneter 1998 dan kejatuhan rezim ayahnya.

3. Bakrie B-97
haxims.blogspot.com
GrupBakrie pun pernah menyiapkan mobil rancangannya berjenis MPV yang manadesain rancang bangun kendaraan ini telah dilakukan di Inggris, bahkansatu unit mobil contoh pun sudah dibuat dan diuji coba di sana, namunbelum sempat keluar lagi-lagi tersandung krisis moneter tahun 1998sehingga proyek tersebut tidak jadi dilanjutkan.

4 Macan
Kendaraansejenis MPV dengan kapasitas mesin 1.800 cc dari PT. Texmaco, denganmenggandeng Mercedes Bens PT. Texmaco mengeluarkan kendaraan ini, dansatu unit prototype sudah dipamerkan di arena pekan Raya Jakarta padapertengahan tahun 2001, tapi belum sempat diproduksi masal PT. Texmacokeburu gulung tikar.

5. Gang car
haxims.blogspot.com
dariPT. DI, meskipun bidang usahanya membuat pesawat tapi PT. DI jugamembuat mobil imut berkapasitas 2 orang ditenagai mesin 125-200 cc yangdidesain bisa masuk gang-gang sempit di perkotaan. namun sayang proyekini tidak pernah terdengar lagi kabarnya sejak tahun 2003 setelah PT.DIdilanda kemelut dan merumahkan 9000-an karyawannya.

6. Marlip
haxims.blogspot.com
Mobillistrik buatan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) memangfenomenal karena menggunakan energi alternatif selain BBM yaitulistrik. namun sayang modelnya masih jauh dari harapan sebuah mobil,entah apa yang ada dibenak orang-orang LIPI menampilkan mobil denganenergi alternatif tapi dengan desain sekelas bengkel las pinggir jalan,itulah Marlip.

7. Gea
haxims.blogspot.com
Citycar produksi bareng PT Inka dan BPPT menggunakan mesin 650 cc yangmerupakan mesin asli buatan dalam negeri dari hasil riset BPPT dengannama "Rusnas" dan karena masih dalam tahap pengembangan maka body mobilmasih menggunakan fiberglass. Namun apakah setelah produksi masal nantimereka akan menggunakan baja dengan Model seperti ini?.... Harusdiingat orang membeli mobil bukan karena mesinnya saja, tapi jugatampilannya yang menarik.

8. Arina

haxims.blogspot.com
KaryaUniversitas Negeri Semarang (Unnes). Bisa dibilang langkah berani yangdiambil akademisi dengan menciptakan sebuah mobil mendahului Perguruantinggi sains ternama di Indonesia seperti ITB dan ITS, dan desainbodynya juga lebih menarik dibanding Gea dan Marlip, Namun mengandalkanmesin motor 150 - 250 cc sebagai penggeraknya? Tampaknya pihak Unnesharus memikirkan mesin yang memiliki kapasitas silinder lebih besarnamun irit untuk menggendong body berkapasitas 4 penumpang, minimal 500cc..

9. Tawon

haxims.blogspot.com
Diciptakanoleh produsen gas pertama di Indonesia PT Super Gasindo Jaya, dengansumber bahan bakar bensin dan gas. Penciptanya merencanakan mobil iniuntuk mengganti bajaj, hmmm.. cukup seimbanglah bila disandingkandengan bajaj malah bisa dibilang lebih bagus, namun untuk dijualkomersial apalagi dengan harga Rp 48 juta nggak menjamin mobil ini bisaditerima pasar.

10. Komodo
haxims.blogspot.com
dariPT. Fin Tetra Indonesia, Layaknya seekor binatang purba dari zaman prasejarah yang masih tinggal di bumi, maka tampilan Mobil Komodo pungarang, dan memang kendaraan tersebut di desain untuk menjelajah medanoffroad. Namun sebenarnya kendaraan ini bukan masuk kategori mobillebih pas kategori ATV bahkan mesinnya pun lebih kecil dari ATV, hanya180 cc.

11. Esemka Digdaya
haxims.blogspot.com
Yahsesuai namanya mobil ini adalah hasil karya anak-anak SMK 1 SingosariMalang, kendaraan ini berjenis MPV dan siapa sangka mobil hasil karyaanak SMK yang nota bene masih berumur 16-17 tahun ini begitu sempurnamelebihi produk mobnas pabrikan lainnya dalam PPI 2009 Di KemayoranJakarta. Meskipun mesinnya masih menggunakan mesin eks Timor 1.500 ccitu cuma masalah kecil, karena tinggal menggantinya saja dengan mesinberkapasitas lebih besar dengan komponen lokal yang tinggi, dijaminharga jualnya akan terjangkau. Dua jempol untuk SMK 1 Singosari Malang.

http://all-mistery.blogspot.com/2010/04/11-mobil-buatan-indonesia-yang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar